Inilah Transportasi Unik yang Terkenal di Jalanan Indonesia Tempo Dulu

PlanetNKRI.com - Transportasi sudah ada sepanjang sejarah dan telah memiliki beragam model transportasi yang digunakan. Saat ini mungkin transportasi semakin canggih, hanya menggunakan android atau smart phone saja sudah bisa memanggil transportasi yang diingankan seperti gojek, grab bike dan yang lainnya.

Bentuk dan jenis dari kendaraan transportasi pun terus berubah seiring dengan perkembangan jaman. Bagi yang tumbuh besar di era 90-an pasti tahu betapa menyenangkanya naik bus bertingkat atau betapa panas dan sesatnya bemo yang penuh dengan ibu-ibu yang baru pulang dari pasar. Sebuah kenangan yang sudah tak bisa lagi dirasakan saat ini, karena telah musnahnya moda transportasi jadul tersebut seiring dengan perkembangan jaman. Karena itu kali ini kami akan menunjuk sedikit tidaknya beberapa macam transportasi jadul yang pernah ada di tanah air.

1. Oplet / Si Doel Anak Sekolahan





Oplet / Si Doel Anak Sekolahan

Bagi sebagian orang yang pernah menonton film sinetron Si Doel Anak Sekolahan pasti sudah tidak heran lagi dengan kendaraan yang satu ini. Pasalnya, kendaraan ini merupakan kendaraan yang merupakan cikal bakal dari mikrolet yang ada saat ini, awal mula produksinya ialah tahun 1950-an. Desainnya juga sepenuhnya terinspirasi dari mobil sedan keluaran morris sebuah kendaraan asal Inggris. Cara mengenali kendaraan ini juga sangat mudah, dilihat dari kapnya yang unik kita sudah bisa memastikan bahwa kendaraan ini ialaha "Oplet".

2.  Helicak / Helikopter Becak


Helicak / Helikopter Becak


Helicak merupakan sebuah sarana transportasi unik yang pernah beroperasi di Jakarta pada era pemerintahan Gubernur Ali Sadikin. Helicak sendiri merupakan singkatan dari helikopter becak, karena bentuknya yang memang mirip dengan gabungan antara Helikopter dan Becak. Seperti halnya becak pada umumnya, pada Helicak penumpang di tempatka di bagian depan sedangkan pengemudi berada di bagian belakang. Namun bedanya jika becak menggunakan tenaga manusia sebagai pendorongnya, Helicak menggunakan mesin dari Skuter Lambreta buatan Itali sebagai mesin pendorongnya.

3.  Bus Bertingkat


Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Solo dan Makasar, pada tahun 90-an, tentu pasti pernah melihat atau bahkan merasakan naik angkutan umum yang satu ini. Bus tingkat merupakan bus berlantai 2 yang pertama kali di kembangkan di Inggris, merupakan sarana angkutan massa yang sengaja di dsain bertingkat agar dapat menampung lebih banyak orang. Bus yang awalnya dikembangkan di kota London ini, kemudian mulai merambah berbagai negara dinataranya Kanada dan Jerman sampai akhirnya sampan ke asia diantaranya Sri Lanka dan Indonesia pada awal 90-an.

Bus ini menjadi primadona pada masanya karena selain dapat mengangkut jumlah penumpang yang lebih banyak juga karena dapat menyuguhkan pemandangan yang lebih luas bagi penumpang yang naik di lantau dua, yah itung-itung sekalian berwisata sambil pulang kerumah di sore hari. Sayangnya bus tingkat memiliki kelemahan yaitu hanya dapat beroperasi di wilayah yang datar saja. Selain itu sahabat anehdidunia.com faktor keamanan dari bus ini juga dinilai kurang. Karena itu pada tahun 1996 izin operasi dari bus yang ikonik ini akhirnya dihentikan. Baru pada awal tahun 2014 bus tingkat kembali digunakan di kota-kota besar di Indonesia, hanya saja bukan sebagai angkutan massal melainkan sebagai bus pariwisata untuk berkeliling kota.

4. Bajaj / Auto Rickshaw


Bajaj sendiri merupakan salah satu angkutan umum yang tak mungkin tidak kita ketahui pada jaman sekarang ini. Dan yang lebih parahnya lagi bajaj akhir-akhir ini baru saja dimusnahkan dari Ibukota Jakarta. Bajaj mendapatkan julukan si berisik yang lihai di sempitnya jalanan ibukota ini ialah merupakan kendaraan yang berasal dari India lho, dan baru masuk ke Indonesia pada tahun 1975-an. Dikalah itu pemerintahan masih di pimpin oleh Gubernur Ali Sadikin yang berencana ingin memodernkan Ibukota Jakarta dengan tujuan mengurangi jumlah becak yang dikala itu sangat merajalela. Maka lahirlah bajaj di Indonesia sebagai alternatif untuk menggantikan becak

Bajaj sendiri sebenarnya bernama Auto Rickshaw, namun karena perusahaan yang memproduksinya bernama Bajaj Auto, maka akhirnya warga Indonesia khusunya Ibukota Jakarta akhirnya lebih mengenal si mungil berwarnay orange ini dengan nama Bajaj. Selain di Indonesia ankutan umun yang sama dengan Bajaj juga ter dapat di beberapa negara, salah satu contohnya Tuk-Tuk di Thailand. Namun bedanya dengan Bajaj yang dihilangkan di Indonesia di Thailand Tuk-Tuk justru di jadikan Ikon pariwisata yang kini cukup mendunia. Di Jakarta sendiri bajaj mulai dihilangkan keberadaanya karena dinilai terlalu bising dan merupakan salah satu penyumbang polusi terbesar mengingat gas buang dari Bajaj yang cukup banyak dan pekat.

5. Trem Batavia


Trem merupakan sebuah moda transportasi unik yang berbentuk layaknya kereta mini dan membutuhkan rel khusus sebagai jalurnya. Namun berbeda halnya dengan kereta kendaran ini dioperasikan sebagai angkutan kota dan juta tak memiliki kecepatan yang tinggi. Hingga saat ini sahabat beberapa negara di Eropa masih menggunakan moda transportasi ini, salah satunya dinataranya Perancis dan Jerman. Dan tempo dulu, kendaraan unik yang kini mayoritas menggunakan listrik sebagai tenaga pendorongnya ini juga pernah ada di Indonesia, khusunya Jakarta saat masih bernama Batavia.

Saat itu Trem belumlah semodern saat ini dan masih menggunakan kuda sebagai penariknya dan baru sekitar tahun 1881, Trem mulai beralih ke tenaga uap. Sejak itu pula Trem yang beroperasi di Batavia juga sering di sebut Trem Uap. Kendaraan ini tetap eksis di Ibukota bahkan hingga seusia Indonesia merdeka. Baru ada tahun 1960 atas perintah Presiden Soekarno, operasional Trem di hentikan. Kala itu Presiden Soekarnya menganggap Trem bukanlan kendaraan yang cocok dengan citra kota Jakarta.
Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.