Fenomena Pada Pikiran Manusia, Kamu Pasti Pernah Mengalaminya

PlanetNKRI.com - Otak dan sel saraf kita bekerja dengan cara yang misterius, mengapa bisa dikatakan demikian? Karena dalam pemikiran masih saja dapat terjadi hal-hal yang diluar dugaan kita. Sejak jaman dahulu kala para ahli melakukan riset mengenai cara kerja otak hingga sekarang, walaupun bisa dijelaskan secara ilmiah, namun tidak sepenuhnya mengobati rasa penasaran yang ditimbulkan. Sebagian orang menganggap hal ini berhubungan dengan hal-hal mistis yang tidak bisa dijelaskan. Seperti yang akan kita bahas saat ini mengenai fenomena aneh dalam pikiran manusia yang rata-rata orang pasti pernah merasakannya.

1. Deja Vu

Deja Vu

Dejavu merupakan salah satu keadaan dimana kita merasa familiar dan pernah berkunjung di tempat yang belum pernah anda kunjungi, yang membuat anda seolah-olah pernah berada dlam keadaan yang sama, padahal apa yang sedang anda alami sekarang mungkin adalah sebuah pengalaman pertama anda. Kejadian ini dapat berlangsung selama 10-30 detik, dan dapat terjadi lebih dari satu kali. Jika ini terjadi pada anda, anda tidak perlu panik, karena menurut penelitian, dua sampai tiga orang yang pernah mengalami dejavu akan mengalaminya kembali.

Banyak orang mendefinisikan deja vu sebagai gangguan pada otak sedangkan yang lainnya berpendapat bahwa deja vu berhubungan erat dengan kehidupan lain di masa lalu. Istilah deja vu ini berasal dari bahasa Prancis yang pertama kali di perkenalkan oleh seorang peneliti di bidang psikolog berkebangsaan Prancis yaitu Emile Boirac. Lalu apa yang di maksud deja vu itu sendiri? Deja vu adalah suatu peristiwa yang dialami oleh seseorang yang mana ia merasa yakin telah mengalami peristiwa baru tersebut sebelumnya. Dan seseorang yang mengalami hal yang baru itu tersebut merasakan suatu kesamaan yang telah dialami di masa lalu atau telah melihat hal tersebut dalam mimpinya.

2. Deja Visite

Deja Visite

Deja Visite merupakanbagian dari deja vu yang pengertiannya adalah bentuk deja vu yang berhubungan dengan perasaan pernah mengunjungi sesuatu. Orang yang mengalami hal ini merasa bahwa jauh sebelumnya dia merasa pernah mengunjungi suatu tempat yang dikunjungi sekarang, dan entah bagaimana caranya dia bisa menjelaskan apa saja yang ada di tempat itu, meski sebenarnya mungkin dia belum perna pergi ke sana. Deja visite punya ciri khas berupa pengetahuan tak wajar tentang suatu tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Contoh dari apa yang terjadi pada Nathaniel Hawthorne dalam bukunya "Our Old Home", bercerita saat mengunjungi reruntuhan kastil, tiba-tiba mengira dia sudah tahu tata letak kastil yang pertama kali dia kunjungi. Belakangan ia menyadari bahwa bertahun-tahun sebelum membaca sebuah puisi, Alexander Pope menggambarkan rincian benteng tersebut.

3. Apophenia

Apophenia

Apophenia merupakan salah satu fenomena yang terjadi dalam otak ketika seseorang melihat figur atau gambar dari suatu pecahan atau pola yang random. Contohnya, ketika gunung merapi meletus muncur figur-figur yang terbentuk dari formasi awan, atau juga ketika kita melihat guratan kayu yang membentuk gambar wajah. Ketika saat itu juga otak kita akan menganggap bahwa kita sedang melihat sesuatu dan biasanya akan kita hubungkan dengan kepercayaan masing-masing, padahal semua itu tidak ada dan hanya sebatas pola random yang tak beraturan.

Biasanya mereka sering ditemukan di kegelapan, sekitar kegelapan, lebih gelap warnanya atau sedikit lebih terang, biasanya menggambarkan sesuatu yang menyeramkan dalam penampilan. Ini hanya pola acak dari latar belakang gelap itu sendiri bahwa kita akan terlibat dengan sesuatu yang tidak menyenangkan karena ketakutan yang telah mendominasi pikiran kita.

4. Presque Vu 

Presque Vu

Presque Vu merupakan salah satu fenomena yang cukup unik, pernahkah anda ditanya oleh teman, kerabat, atau orang lain di sekitar anda tentang suatu hal, namun saat anda ingin menjawabnya anda langsung lupa dengan apa yang ingin anda katakan. Entah itu dikarenakan oleh sebab apa kata-kata yang sudah mau diucapkan namun hilang di otak anda, anda merasa kalau kata yang ingin anda ucapkan itu sudah berada diujung lidah, tapi tidak bisa keluar.

Apa yang anda alami itu tidak lain tidak bukan adalah fenomena Presque Vu atau lebih sering dikenal sebagai Tip of Tounge. Ini merupakan fenomena dimana seseorang mengalami kegagalan untuk mengingat sebuah kata dari ingatan kita dan mengeluarkannya, ditambah lagi dengan perasaan dimana perlu untuk mengingat hal tersebut meskipun kita hanya mampu mengingat beberapa kata saja.
Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.