Legenda Penguasa Alam Neraka, Zhoung Kui

Legenda Penguasa Alam Neraka, Zhoung Kui
Poster Zhoung Kui / Dewa Pembasmi Iblis (PlanetNKRI)
PlanetNKRI - Kali ini kami akan membahas tentang Legenda Penguasa Alam Neraka (Zhoung Kui) atau biasa disebut Sang Pemburu Setan.

Tahukah kamu bahwa ada seorang Dewa yang memiliki tugas khusus, yaitu memburu dan membasmi setan yang mengganggu kehidupan manusia di Bumi. Menurut kepercayaan Tiongkok, Zhoung Kui digambarkan sebagai tokoh penting saat ia menjelma sebagai manusia dan pernah hidup di zaman Dinasti Tang. Dikabarkan dia hidup dalam pemerintahan Kaisar Tang Xuangzong pada tahun 712 sampai 756 Masehi.

Legenda ini masih kerap dipercaya bagi penduduk China hingga kini. Selain berburu setan dan roh jahat, Zhoung Kui juga membasmi arwah yang penasaran. Ia kerap dijuluki Dewa pembasmi kejahatan dari alam bawah neraka.


Menurut gambaran orang China. Sosoknya berupa fisik yang jelek. Ia dilahirkan dengan kepala yang mirip seperti macam panther, wajahnya hitam gosong, kumis yang keriting melengkung, dan juga mata yang bentuknya seperti cincin bacan.

Meski demikian, dia adalah sosok pemuda yang berbakat dan terpelajar. Zhoung Kui tidak mengenal takut pada kejahatan. Dia adalah orang yang menjunjung tingkat keadilan. Saat awal pemerintahan Kaisar pada Dinasti Tang, ia juga turun ikut ujian beasiswa kenegaraan di ibukota.

Namun sayang, pada saat ujian berlangsung ada seorang pejabat negara yang bernama Lu Qi hanya menilai sosok Zhoung Kui dari penampilan saja. Bahkan kabarnya dia berusaha untuk menjatuhkan Zhoung Kui di depan Kaisar. Padahal pemimpin dari juri istana sangat memuji kepintaran Zhoung Kui karena semua jawabannya memiliki isi yang bagus dan berkualitas tinggi.

Meskipun begitu Zhoung Kui berhasil memperoleh gelar ‘Zhangyuan’ yang merupakan penghargaan tertinggi dalam ujian kenegaraan pegawai negeri sipil berkat keterampilannya. Sayangnya, tak lama kemudian gelar tersebut diambil oleh Kaisar sendiri dengan alasan lagi-lagi karena wajahnya yang buruk rupa. Akibatnya, Zhoung Kui merasa sangat kecewa dan dia mengakhiri hidupnya dengan cara membenturkan kepalanya ke dinding istana sampai remuk.

Dalam kepercayaan Tiongkok Kuno, kematian Zhoung Kui diklasifikasikan sebagai ‘Ying Gui’ (setan atau roh penasaran) karena bunuh diri sosok Ying Gui dikatakan tidak akan pernah bisa reinkarnasi kembali ke dunia dan tetap dalam siklus berulang berupa penderitaan dan siksaan.


 BACA JUGA : AKIBAT BILA WANITA MALAS GANTI PEMBALUT
                         
                           BERHASIL DIET BOS CHINA BERI BONUS KEPADA PEGAWAI

Di akhirat, Kaisar Langit bisa melihat potensi dalam diri Zhoung Kui karena memang beliau sangat cerdas bahkan sampai bisa meraih penghargaan tertinggi dalam ujian kenegaraan, tapi karena beliau melakukan bunuh diri yang merupakan dosa besar maka ia dikutuk masuk ke dalam neraka.

Namun Zhoung Kui diberikan gelar sebagai Raja Neraka atau dewa penguasa neraka, jabatan tertinggi di akhirat oleh Sang Kaisar Langit (Raja Segala Dewa). Tugas utamanya adalah menangkap roh-roh gentayangan serta setan jahat. Ia juga mengepalai 85 ribu pasukan hantu yang setia dan siap kapan saja ia perintah.

Dalam catatan sejarah Dinasti Tang rupanya tidak ditemukan orang yang bernama Zhoung Kui, yang ditemui hanyalah nama akar tanaman. Akar ini diyakini ajaib sebab mampu menangkal energi jahat yang berguna untuk menolak kiriman santet, tulah penyakit dan juga wabah kematian. Ya, mungkin saja akar tanaman ini ada hubungannya dengan Zhoung Kui Sang Pemburu Setan
Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.